Sejarah Singkat TKIF Al Fikri

by admin, March 13, 2018

aTman Kanak-kanak Islam Fitrah Al Fikri (TKIF) Al Fikri berlokasi di Jalan Raden Saleh (Studio Alam TVRI), kota Depok, beberapa ratus meter dari Jalan Raya Tole Iskandar. TKIF Al Fikri merupakan lingkungan sekolah yang sehat, aman dan nyaman dengan area taman bermain yang cukup luas. Terdapat sarana bermain untuk mengembangkan kemampuan motorik kasar, area bermain pasir yang cukup luas untuk mengembangkan kemampuan sosialisasi dan imajinasi anak, terdapat kolam ikan dan kura-kura sebagai salah satu sarana pembelajaran yang menyenangkan bagi anak serta diciptakannya lubang-lubang biopori di setiap sudut taman yang bertujuan untuk mewujudkan sekolah yang ramah lingkungan dan sebagai sarana untuk melatih kepedulian anak terhadap penyelamatan lingkungan.

TKIF Al Fikri berdiri sejak tahun 1999, tepatnya pada tanggal 9 September 1999 dan mulai beroperasi pada tahun ajaran 2000-2001. TKIF Al Fikri sejak awal berdirinya telah konsisten menerapkan konsep fitrah dengan Sentra sebagai pendekatan pembelajarannya. Pendekatan Sentra telah terbukti kehandalannya selama lebih dari 30 tahun dan dapat diterapkan pada berbagai budaya. Prinsip kami setiap anak adalah unik. Anak akan tumbuh, berkembang dan belajar dengan kecepatan yang berbeda dengan anak lain. Kami mencoba mengakomodir kebutuhan anak didik melalui 6 sentra yang kami miliki, yaitu : Sentra Ibadah, Sentra Eksplorasi dan Science, Sentra Rancang Bangun, Sentra Imajinasi, Sentra Persiapan dan Sentra Kreasi.

Dalam mengembangkan program pembelajaran TKIF Al Fikri menggunakan kurikulum yang mengacu pada Standar Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yaitu Permendiknas No. 58 tahun 2009, yang dipadukan dengan nilai-nilai keislaman untuk mengembangkan kemampuan siswa secara optimal. Konsep tematik menjadi pilihan program pembelajaran yang menarik karena memberi kesempatan pada anak untuk berfikir aktif, kritis dan kreatif serta mampu memberikan pengalaman belajar yang bermakna pada anak.

Mengajar dengan hati, penuh kasih sayang dan kesabaran menjadi komitmen kami untuk memberikan yang terbaik bagi anak. Kami meyakini bahwa setiap anak adalah individu yang unik dan memiliki fitrahnya masing-masing. Sehingga kami mencoba memberi kesempatan kepada anak untuk berkembang sesuai dengan perkembangan intelektual, emosional, sosial dan fisik dengan berpusat pada nilai-nilai spiritual.